Selasa, Desember 04, 2012

Cara Mengatasi Bengkak Lebam Setelah Imunisasi

Belum lama ini si kecil yang masih duduk di bangku kelas 1 SD mendapat imunisasi difteri di sekolahan, tak seperti imunisasi terdahulu yang tanpa masalah, kali ini si kecil mendapatkan efek samping dari imunisasi.  Sehabis mendapatkan imunisasi si kecil mengeluh lengannya masih terasa sakit walau sudah tiga hari. Terus setelah di lihat di sekitar tempat imunisasi tampak bengkak lebam merah dan sedikit keras serta hangat jika dipegang.


Setelah cari-cari informasi, ternyata hal tersebut adalah hal biasa terjadi jika anak diberi imunisasi dan merupakan salah satu efek samping bukan malpraktik.  Untuk mengatasinya cukup dikompres dengan air hangat, biasanya akan hilang dalam waktu 1 hingga 2 minggu. Tetapi jika ada kelainan lain seperti bernanah perlu segera di periksakan ke dokter.

Nah, tak perlu buru-buru khawatir jika anak anda mengalami hal yang sama, walaupun waspada tetap diperlukan, so jangan lupa ya cek anak jika di sekolah habis mendapatkan imunisasi, tanyakan apakah ada keluhan atau tidak.
Artikel di atas adalah pengalaman pribadi dan bukan pendapat dari ahli, akan lebih baik jika mengalami hal yang sama dikonsultasikan dengan dokter terkait.

Tidak ada komentar: