Kamis, Desember 06, 2012

Harga Tiket Kereta Api Liburan 2012-2013 Info Terbaru

Liburan 2012-2013 sekolah sudah hampir tiba, bagi sebagian orang yang punya anak sekolah biasanya sudah bersiap-siap pula untuk memesan tiket kereta untuk liburan. Ada info terbaru mengenai peraturan harga tiket kereta api seperti biaya untuk anak dan batita yang telah dimulai per 1 Desember 2012 ini. Seperti diketahui harga tiket kereta api akan selalu berfluktuasi terutama untuk bisnis dan eksekutif. Sedangkan untuk ekonomi relatif tetap walaupun mungkin ada penyesuaian harga tetapi tidak seatraktif tiket bisnis dan eksekutif, misal untuk harga tiket ka ekonomi pasundan saat ini relatif sama yaitu Rp. 38.000. Sedang untuk kereta api bisnis dan eksekutif misal kereta api Lodaya, hari pemberangkatan sangat menentukan harga tiket, misal hari tiket hari sabtu-minggu dan senin akan lebih mahal dibandingkan hari selasa dan rabu, demikian juga waktu di hari-hari di waktu liburan sekolah atau hari besar akan lebih mahal  dibandingkan dengan liburan akhir pekan biasa.

Informasi harga tiket kereta api terbaru per 1 Desember 2012 
  • Tiket anak (diatas 3 tahun) sudah tidak direduksi jadi ikut harga dewasa (100%).
  • Batita akan dikenakan biaya 10% dari tiket dewasa.

Tips membeli tiket kereta api liburan 2012-2013
  1. Pesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan untuk menghindari kehabisan tiket, bisa dipesan H-90 baik untuk tiket ekonomi, bisnis maupun eksekutif
  2. Pastikan nomor identitas anda dicantumkan dengan benar, diperlukan untuk cek waktu keberangkatan.
  3. Jika membawa anak batita dan ingin mendapatkan harga 10% pastikan waktu mengisi form pemesanan ditulis umur anak dan mintalah harga 10% secara langsung, jika tidak kemungkinan akan dikenakan tarif 100% dianggap beli kursi sendiri.  Atau ada baiknya tidak usah ditulis cukup disampaikan waktu membayar di loket reservasi. Kalau tidak salah walaupun membayar 10% anak batita tidak mendapatkan nomor kursi (coba pastikan lagi ya).
  4. Jika ada pilihan waktu berangkat selain hari Sabtu-Minggu-Senin bisa pilih hari yang biasanya lebih murah yaitu di hari Selasa atau Rabu. Sedang hari Kamis Jumat biasanya harga tengah di antara dua waktu tersebut.

Informasi di atas di dapat pada saat artikel ini dibuat, untuk informasi aktual segera konfirmasi ke loket reservasi kereta api terdekat. Jangan lupa untuk membaca artikel terkait Persiapan Perjalanan Kereta Api.

Tidak ada komentar: