Minggu, Februari 03, 2013

Solusi Google Image Search Baru

xmepa.blogspot.com - Seperti kita ketahui tampilan google image search yang baru cukup membuat shock para blogger, webmaster, dan online publisher. Terutama bagi mereka yang sangat menggantungkan traffik dari google image seperti blog wallpaper. Update yang terjadi di akhir februari 2013 ini memberikan efek utama yang ditimbulkan adalah anjloknya jumlah visitor. Hal ini disebabkan frame breaker yang selama ini dikenal ampuh untuk dijadikan solusi sudah tidak mempan lagi dengan adanya update google image search ini.



Sampai post ini dibuat belum ditemukan pengganti fungsi frame breaker 100%, namun sudah banyak yang mencoba meningkatkan probabilitas tingkat kunjungan dengan mengaktifkan anti hotlinking untuk menangkal tampilan preview yang cukup menyedot bandwith, begitu pula dengan mengalihkan 'view original image' ke halaman yang diinginkan, ada yang ke home page, page/post dimana image berada, membuat halaman khusus image, membuat image 'fake', adapula yang mungkin karena jengkel atau apa tidak memberikan akses alias forbidden aka access denied.  Semua itu dilakukan semata untuk memastikan calon user untuk dapat mengunjungi site dimana gambar / image berada.

Solusi Google Image Search Baru
Dari uraian diatas dapat disimpulkan ada beberapa solusi untuk tampilan google image search baru yang mungkin bisa dibuat:

  • Mengaktifkan anti hotlinking baik dengan pengaturan file .htaccess maupun dengan plugin untuk yang menggunakan platform wordpress. Sangat disarankan dengan menambahkan salah satu solusi dibawah ini:
  • Mengalihkan 'view original image' ke home page.
  • Mengalihkan 'view original image' ke post / page dimana image berada (recommended)
  • Mengalihkan 'view original image' ke halaman custom (recommended)
  • Tidak memberikan ijin direct acess url untuk image dengan tampilnya access denied error (not recommended)
  • membuat 'frame breaker' baru --> untuk yang ini belum pernah penulis lihat namun siapa tahu kelak ada yang dapat membuatnya.
Sebelum semua itu dilakukan pertimbangkan juga efek dari solusi-solusi tersebut antara lain, kesalahan pengaturan command yang mengakibatkan crawling index image terhenti, peningkatan resource server, meningkatnya halaman yang tidak ditemukan '404 not found', pelanggaran TOS dengan perusahaan iklan, maupun turunnya SERP.

Sebagai catatan semua solusi di atas belum dapat diterapkan untuk para pengguna blogspot / blogger karena tidak adanya hak akses untuk pengaturan akses image. Itu semua menambah deretan masalah yang harus dipecahkan para publisher, blogger dan webmaster yang sebelumnya baru saja juga didera isu algoritma EMD.



Tidak ada komentar: