Kamis, Oktober 11, 2012

Cara Mengatasi Algoritma EMD

Berita paling heboh saat ini bagi para orang yang berkecimpung di dunia web khususnya bagi para publisher, jasa seo dan pelaku jual beli domain adalah adanya update algoritma Google terbaru khususnya di perubahan hasil pencarian di search engine untuk domain EMD (exact-match domains) atau untuk sebagian orang lebih dikenal dengan KOD (keyword on domain).   Perubahan tersebut yaitu berupa hilangnya hasil pencarian di search engine Google (SERP) untuk domain EMD yang berkualitas rendah. Pihak google sendiri telah menkonfirmasinya di akun salah satu akun twitter kepala Google’s Webspam team - Matt Cutts tentang perubahan algoritma yang mulai terasa dampaknya di akhir bulan September 2012 lalu.  Cutts mengatakan akan ada dampak 0,6% dari query English-US bagi EMD berkualitas rendah yang akan tereduksi.

algoritma EMD



Berbeda dari update sebelumnya yaitu Panda yang mengeliminasi web berkualitas rendah dan Penguin yang menghajar web yang terindikasi spam dari hasil pencarian di search engine, update kali ini lebih difokuskan pada domain yang mengandung kata kunci (EMD) untuk ditarget.
Dampak yang paling dirasakan bagi yang terkena update algoritma ini adalah menurunnya pengunjung web atau blog secara drastis yang pada akhirnya mengurangi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk, afiliasi atau pun pendapatan iklan dari web/blog tersebut.

Penyebab Web Terkena Update Algoritma EMD


Berikut beberapa penyebab utama yang dapat mengakibatkan terkena dampak update algoritma EMD:
  • Konten yang berkualitas rendah
  • Duplikat konten
  • Berlebihan dalam iklan
Karena fokus dari update algoritma ini pada domain EMD berkualitas rendah, otomatis domain yang mengandung keyword yang mengandung konten berkualitas rendah adalah yang terkena dampaknya terutama domain berekstensi selain com (masih diperdebatkan). Sebuah web/blog berdomain EMD  yang hanya dibuat untuk rekayasa optimasi seo, tanpa memberikan informasi berkualitas yang diinginkan pengunjung, terlalu sedikit informasi, tidak substansial dan kurang spesifik akan menjadi target utama sasaran update algoritma ini.
Adanya konten yang berduplikasi, tumpang tindih atau berlebihan pada topik yang sama atau mirip juga menjadi penyebabnya.
Hal-hal yang sifatnya tidak mengganggu pengunjung seperti adanya iklan yang berlebih pada web/blog yang mengganggu konten utama tak lepas dari target update algoritma EMD ini.

Tips Mengatasi Algoritma EMD


Sebenarnya cara yang paling manjur untuk mengatasi algoritma EMD ini adalah mematuhi rambu-rambu pembuatan web yang berkualitas oleh Google.  Ada 4 hal pokok yang harus dipatuhi untuk membuat web yang berkualitas:
  1. Buatlah halaman utama untuk pengguna, bukan untuk search engine atau mesin pencari.
  2. Jangan menipu pengguna web anda
  3. Hindari trik yang ditujukan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Aturan praktis yang baik adalah apakah Anda akan merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke situs Web yang bersaing dengan Anda, atau karyawan Google. Sebuah tes lain yang berguna adalah dengan bertanya, "Apakah ini membantu pengguna saya? Apakah saya melakukan ini jika mesin pencari tidak ada?"
  4. Pikirkan tentang apa yang membuat website anda unik dan berharga. Membuat website Anda menonjol dari orang lain di bidang Anda.
Walaupun terkesan tidak berbelit-belit namun dalam praktik hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan mengingat tujuan yang berbeda antara pembuat web dengan tujuan mesin pencari. Namun demikian kita dapat membaca kemana arah dari update algoritma EMD ini sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk membuat web yang berkualitas.

1 komentar:

jus kulit manggis mengatakan...

info yang benar-benar saya cari
salah satu web sya ada yang terkena dampak dari update google emd ini