Kamis, Oktober 04, 2012

Cara Mempercepat Google Chrome yang Lambat


Pernahkah Anda memperhatikan kecepatan Google Chrome menurun, atau bahkan macet? Plugin yang tidak perlu, ekstensi, dan data bahkan browsing dapat memperlambat browser atau bahkan macet. Berikut adalah cara untuk memperbaikinya.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk menonaktifkan plugin dan ekstensi dan browsing data yang jelas untuk mempercepat Chrome.



Nonaktifkan Google Chrome Plugin

Secara default, ketika Anda menginstal Google Chrome, plugin yang tidak perlu banyak dipasang dan diaktifkan. Plugin membantu jenis proses Chrome khusus konten, seperti Flash, Java, Silverlight, atau Windows Media file, tetapi kebanyakan dari mereka bahkan tidak penting untuk browsing harian Anda. Plugin dapat memperlambat kinerja Chrome, tetapi Anda dapat menonaktifkan plugin jika Anda tidak menggunakan. Untuk melakukan ketikan "about: plugins" (tanpa tanda kutip) atau "chrome://plugins/"(tanpa tanda kutip) di address bar Chrome dan tekan Enter. Sebuah daftar plugin terpasang ditampilkan pada tab saat ini. Gulir daftar dan klik link Nonaktifkan untuk setiap plugin yang Anda merasa Anda tidak perlu.

Sebagai catatan Anda dapat dengan aman menonaktifkan setiap plugin, tetapi Anda mungkin ingin menyimpan Flash memungkinkan, karena banyak situs menggunakan Flash untuk menampilkan menu, video pertunjukan, dll Juga, jika Anda menonton Netflix di Chrome, Anda perlu Silverlight Plugin diaktifkan. Anda selalu dapat mengaktifkan plugin lagi jika Anda perlu. Intinya nyalakan plugin yang sering digunakan aja. Plugin yang tidak aktif berubah abu-abu dalam daftar, Anda untuk mengaktifkan plugin lagi, jika diinginkan.


Nonaktifkan Ekstensi Google Chrome

Ekstensi adalah program kecil yang tersedia di Chrome Web Store yang dapat ditambahkan sebagai fitur tambahan dan fungsionalitas ke Chrome. Mereka bisa menjadi sangat berguna, tetapi jika Anda banyak ekstensi yang diinstal, kecepatan browser mungkin akan terkena dampak negatif. Anda dapat dengan mudah menonaktifkan ekstensi tanpa menguninstall mereka untuk mendapatkan kembali kecepatan Chrome. Beberapa ekstensi menginstal sebuah tombol pada address bar Chrome, dan mereka dapat dengan cepat dinonaktifkan dengan mengklik kanan pada tombol tersebut dan memilih Uninstall dari menu.

Anda juga dapat menginstal aplikasi di Chrome, yang dapat diakses pada halaman Tab Baru. Ini juga dapat dinonaktifkan. Untuk mengakses daftar ekstensi diinstal dan aplikasi, klik ikon kunci inggris pada toolbar dan pilih Tools -> Extensions dari menu drop-down. Anda dapat menghapus ekstensi dengan tombol tanpa mengakses daftar ini, tetapi Anda mungkin akan terkejut bahwa beberapa ekstensi dalam daftar yang tidak memiliki tombol.

Untuk menonaktifkan ekstensi, klik kotak centang Diaktifkan di sebelah kanan judul ekstensi dalam daftar sehingga tidak ada tanda centang dalam kotak. Kotak centang Diaktifkan menjadi kotak centang Aktifkan, memungkinkan Anda untuk mengaktifkan kembali ekstensi setiap saat. Anda juga dapat dengan mudah menghapus ekstensi atau aplikasi yang tidak Anda inginkan lagi dengan mengklik ikon tempat sampah di sebelah kanan kotak centang Diaktifkan.

Menghapus Google Chrome Browsing Data

Saat Anda menelusuri web, database sejarah Chrome mengumpulkan URL dan teks cache untuk situs web yang dikunjungi, sejarah download, cookies, dan website lainnya dan data plugin. Sementara titik database sejarah dan cache adalah untuk mempercepat komputer Anda dengan hal-hal caching lokal daripada harus men-download setiap waktu, kadang-kadang sejarah database dapat menjadi sangat besar dan dapat memperlambat Chrome.

Anda tidak harus menghapus riwayat Anda secara teratur untuk tujuan kecepatan, seperti yang mengalahkan tujuan dari cache lokal. Anda pasti bisa jelas itu untuk alasan privasi sekalipun. Ada beberapa cara untuk menghapus riwayat browsing Anda, termasuk membersihkan seluruh sejarah Anda dan membersihkan sejarah untuk situs tertentu.

Menghapus Seluruh Browsing History

Untuk menghapus seluruh riwayat perambanan Anda, klik ikon kunci inggris pada toolbar dan pilih Tools -> Hapus data perambanan dari menu drop-down.

Menghapus riwayat browsing seluruh mencegah Chrome untuk menampilkan perkiraan hal yang ditulis ketika Anda mulai mengetik URL di address bar.

Dalam dialog Clear browsing data, pilih item yang ingin Anda hapus dan pilih rentang waktu dari daftar drop-down. Klik Hapus data perambanan untuk menghapus data yang dipilih.

Ketika browsing dialog Hapus data menutup, tab Settings terbuka. Untuk menutupnya, klik tombol X merah pada tab.

Menghapus Sejarah Browsing untuk Halaman Web Tertentu

Jika Anda ingin menghapus sejarah hanya halaman web tertentu, klik ikon kunci inggris pada toolbar dan pilih History dari menu drop-down. Gerakkan mouse Anda ke halaman web yang ingin Anda hapus dari daftar sejarah dan pilih kotak centang yang menampilkan. Setelah Anda memilih semua halaman web yang ingin Anda hapus, klik Hapus item yang dipilih. Sebuah kotak dialog konfirmasi menampilkan. Klik OK jika Anda yakin Anda ingin menghapus halaman web dari daftar sejarah. Untuk menutup tab History, klik tombol X merah pada tab.

Membersihkan Sejarah Browsing Anda dari halaman Tab Baru

Halaman Tab Baru menampilkan thumbnail untuk situs web yang Anda kunjungi paling. Anda dapat menghapus riwayat browsing Anda dengan menghapus ini thumbnail dari halaman Tab Baru. Untuk menghapus halaman web dari halaman Tab Baru, gerakkan mouse anda ke atas thumbnail untuk situs dan klik X yang menampilkan di sudut, kanan atas thumbnail.

Anda dapat mengatur ulang halaman Tab Baru thumbnail kosong dengan membersihkan seluruh riwayat perambanan Anda, seperti yang disebutkan sebelumnya.


Membersihkan Browsing History secara otomatis ketika Keluar Chrome

Sebelumnya dalam artikel ini, kami merekomendasikan menonaktifkan ekstensi Anda yang tidak gunakan untuk mempercepat Chrome. Namun, ada satu ekstensi yang mungkin berguna. Ekstensi Click & Clean memungkinkan Anda untuk menghapus data penjelajahan secara otomatis ketika Anda menutup Chrome.
Untuk menginstal Click & Clean, klik link di atas dan kemudian klik tombol Tambahkan ke Chrome pada halaman web untuk ekstensi.

Sebuah kotak dialog konfirmasi menampilkan untuk memastikan Anda ingin menginstal ekstensi. Ia juga memberitahu Anda apa ekstensi dapat mengakses. Klik Add untuk melanjutkan dengan instalasi. Setelah Click & Clean telah diinstal, akan menampilkan pemberitahuan, menunjuk ke tombol baru pada toolbar Chrome.
Ketika Anda mengklik tombol Click & Clean, menu utama akan tampil. Ada banyak piranti tersedia dalam ekstensi untuk menjaga Chrome dan komputer Anda. Tombol abu-abu di tengah menu menyediakan akses ke alat lainnya.

Untuk mengkonfigurasi Click & Clean untuk membersihkan browsing data ketika keluar Chrome, klik tombol Options pada menu utama.

Untuk memilih jenis data perambanan untuk membersihkan bila Anda menutup Chrome, klik Clear Private Data saat Browser Menutup tab di sebelah kiri. Klik tanda plus di sebelah kiri Chrome dalam daftar di sebelah kanan. Periksa barang-barang yang Anda inginkan secara otomatis dihapus ketika Anda menutup Chrome.

Selamat Browsing dengan lebih cepat!

Tidak ada komentar: