Senin, Oktober 29, 2012

Contoh Surat Lamaran Kerja - Sesuai Bidang Lengkap


Berbagai contoh surat lamaran kerja di berbagai bidang lengkap yang paling banyak dicari saat. Bagaimana sebenarnya membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai bidang kerja yang akan dimasuki. Sebelum membuat surat lamaran pekerjaan kita dapat membuat kerangka surat terlebih dahulu.


Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja yang baik dan benar minimal berisikan hal-hal sebagai berikut:

  • Tanggal surat
  • Tujuan dan alamat surat lamaran
  • Kata pembuka, sebagai contoh: Dengan hormat,
  • Kalimat pembuka yang menunjukkan dari mana informasi lamaran berasal dan keinginan untuk melamar pekerjaan tersebut.
  • Informasi singkat data personal, dan pengalaman kerja
  • Keinginan untuk bekerja atau kesempatan wawancara
  • Kata Penutup, contoh: Hormat saya,
  • Nama Pelamar
Surat lamaran kerja yang plaing banyak dicari antara lain untuk posisi administrasi, sekertaris, resepsionis, pemasaran, marketing, sales, teller, satpam, perawat, staff akuntansi, desain interior, desain grafis, programer dan masih banyak lagi.

Berikut contoh-contoh surat lamaran kerja di berbagai bidang secara lengkap:

Contoh Surat Lamaran Kerja Administrasi / Sekretaris

Jakarta, 29 Oktober 2012

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. ABC
Jl. Pelan-pelan No 1A
Jakarta

Dengan hormat,

Menanggapi iklan Anda di harian Kompas terbitan tanggal 28 Oktober 2012 untuk posisi administrasi, saya ingin menawarkan diri saya untuk posisi tersebut.

Saya berusia dua puluh satu tahun dan merupakan lulusan Akademi Sekretaris. Saya telah mengikuti berbagai kursus penunjang profesi seperti komputer dan bahasa inggris. Sekarang saya merasa memiliki keahlian yang diperlukan untuk mengisi lowongan yang Anda tawarkan. 
(Paragraf di atas contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate, sedang bagi yang sudah mempunyai pengalaman yang relevan pada lowongan pekerjaan tersebut anda bisa cantumkan pengalaman kerja juga disini)

Sebagai tambahan informasi dengan ini saya lampirkan daftar riwayat hidup, ijasah akademi, transkrip nilai, sertifikat komputer dan bahasa inggris, serta selembar pas foto terbaru.

Saya harap Bapak/Ibu akan mempertimbangkan lamaran ini, dan memberi saya suatu kesempatan untuk wawancara.

Hormat saya,


Jono Sukotjo



Contoh Surat Lamaran Kerja Pemasaran

Yogyakarta, 1 Desember 2012

Yth;
Bpk. Boy Rudi
Kepala Divisi Pemasaran
PT. Galau
Jl. Ring Road Barat km 1
Denpasar

Dengan hormat,

Saya berkeyakinan bahwa pengalaman saya selama 3 tahun di bidang pemasaran akan menjadi pertimbangan bagi PT. Galau.

Selama bekerja di PT. Wow Indo, saya telah berhasil meningkatkan penjualan produk dengan total penjualan tahun-tahun sebelumnya dalam waktu 3 tahun. Saya juga telah berhasil membuka 2 pasar baru yang telah sukses.

Jika Bapak berkenan, mohon ijinkan saya untuk bertemu guna menjelaskan potensi diri saya secara lebih mendalam. 

Hormat saya,


Liliawati Sudarja



Contoh Surat Lamaran Kerja Administrasi / Sekretaris

Jakarta, 29 Oktober 2012

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. ABC
Jl. Pelan-pelan No 1A
Jakarta

Dengan hormat,

Menanggapi iklan Anda di harian Kompas terbitan tanggal 28 Oktober 2012 untuk posisi administrasi, saya ingin menawarkan diri saya untuk posisi tersebut.

Saya berusia dua puluh satu tahun dan merupakan lulusan Akademi Sekretaris. Saya telah mengikuti berbagai kursus penunjang profesi seperti komputer dan bahasa inggris. Sekarang saya merasa memiliki keahlian yang diperlukan untuk mengisi lowongan yang Anda tawarkan. 
(Paragraf di atas contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate, sedang bagi yang sudah mempunyai pengalaman yang relevan pada lowongan pekerjaan tersebut anda bisa cantumkan pengalaman kerja juga disini)

Sebagai tambahan informasi dengan ini saya lampirkan daftar riwayat hidup, ijasah akademi, transkrip nilai, sertifikat komputer dan bahasa inggris, serta selembar pas foto terbaru.

Saya harap Bapak/Ibu akan mempertimbangkan lamaran ini, dan memberi saya suatu kesempatan untuk wawancara.

Hormat saya,


Putri Cinta Astuti



Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing/Sales/Kurir

Jakarta, 2 Juli 2012.

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Maju Mundur
Jl. Tong Kosong 23
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Bersama ini saya sampaikan keinginan saya untuk melamar pekerjaan untuk posisi marketing sebagaimana dimaksud dalam iklan lowongan pekerjaan di harian Kota Post tanggal 1 Juli 2012.

Pendidikan terakhir saya di SMA Negeri 521 Jakarta Selatan telah diselesaikan pada tahun 2010. Saya memiliki kendaraan sendiri berupa sepeda motor, dan telah mempunyai Surat Ijin Mengemudi C dan A.

Dalam surat lamaran ini saya lampirkan 1 (satu) lembar Daftar Riwayat Hidup beserta Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian dan Ijazah terakhir untuk dijadikan bahan pertimbangan selanjutnya.

Besar harapan saya, agar bapak/ibu bersedia meluangkan waktu untuk wawancara, sehingga saya dapat memperkenalkan diri secara lebih baik dan terperinci.

Atas perhatian bapak/ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Legowo Harahap



Contoh Surat Lamaran Kerja Pemasaran

Yogyakarta, 1 Desember 2012

Yth;
Bpk. Boy Rudi
Kepala Divisi Pemasaran
PT. Galau
Jl. Ring Road Barat km 1
Denpasar

Dengan hormat,

Saya berkeyakinan bahwa pengalaman saya selama 3 tahun di bidang pemasaran akan menjadi pertimbangan bagi PT. Galau.

Selama bekerja di PT. Wow Indo, saya telah berhasil meningkatkan penjualan produk dengan total penjualan tahun-tahun sebelumnya dalam waktu 3 tahun. Saya juga telah berhasil membuka 2 pasar baru yang telah sukses.

Jika Bapak berkenan, mohon ijinkan saya untuk bertemu guna menjelaskan potensi diri saya secara lebih mendalam. 

Hormat saya,


Liliawati Sudarja



Contoh Surat Lamaran Kerja Resepsionis

Surabaya, 1 November 2012

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. Hotel Melati
Jl. Raya Besar 56
Surabaya

Dengan hormat,

Setelah membaca iklan bapak pada harian Jawa Pos hari ini untuk jabatan penerima tamu (receptionist), saya mengajukan diri untuk mengisi lowongan pada posisi tersebut.

Saya telah menyelesaikan program diploma saya di bidang perhotelan dan pariwisata di Akademi Pariwisata Surabaya, dan berkeyakinan mempunyai kemampuan yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut. Saya berusia dua puluh tiga tahun dan pernah bekerja pada perusahaan perdagangan. Saya dapat berbicara dengan bahasa Inggris secara baik dan mampu mengoperasikan komputer.

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan daftar riwayat hidup, referensi kerja, ijazah terakhir, sertifikat komputer dan bahasa inggris serta pas foto saya yang terbaru.

Saya sangat menantikan kesempatan untuk wawancara, dimana saya bisa menjelaskan seluruh potensi dan kemampuan diri saya kepada bapak.

Hormat saya,


Nur Sinar Cahaya



Contoh Surat Lamaran Kerja Teller Bank


Jakarta, 22 November 2012

Yth;
Kepala Personalia
Bank Syariah Syari
Jl. Simpang Tiga 78
Jakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi di Harian Media Indonesia tentang lowongan sebagai teller bank di Bank Syariah Syari, saya ingin mengajukan lamaran untuk posisi tersebut.

Seperti tertulis dalam resume terlampir,  saya adalah lulusan Akademi Akuntansi YKPN yogyakarta tahun 2008. Saat ini saya masih bekerja sebagai kasir di toserba Murah Jaya. Saya mampu mengoperasikan komputer aplikasi office MS Excel, MS Word dan PowerPoint. Saya juga terbiasa menggunakan internet dan lancar dalam penggunaan email.  Untuk menunjang posisi di teller bank syariah, saya telah mengikuti training pelatihan perbankan syariah selama 3 bulan.

Saya sangat ingin untuk bertemu Bapak dalam suatu kesempatan wawancara, dimana saya dapat menjelaskan kemampuan dan potensi diri saya secara lebih mendalam.
Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,


Anissa Ayu



Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi - Perpajakan

Jakarta, 17 Agustus 2012

Bpk. Ramdan Syafii
PT. Bambu Runcing
Jl. Garda Depan 007
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi teman saya, Wijayati Sukarni, yang juga staff departemen akuntansi di PT. Bambu Runcing, belum lama ini telah memberikan informasi kepda saya mengenai adanya lowongan pekerjaan di departemen akuntansi sebagai staf akuntansi dan perpajakan. Saya berkeyakinan bahwa saya memenuhi kualifikasi yang diperlukan, dan saya mengajukan diri untuk mengisi lowongan tersebut.

Seperti yang telah saya jelaskan di resume terlampir, saya mempunyai pengalaman selama tiga tahun dalam bidang akuntansi dan pajak. Dalam posisi pekerjaan saat ini di PT. Rodamas, saya bertanggung jawab dalam pencatatan akuntansi dan pelaporan pajak.

Saya sangat mengharapkan sebuah kesempatan wawancara, dimana saya dapat menjelaskan mengapa saya yakin akan menjadi asset yang memberikan kontribusi yang bernilai bagi PT. Bambu Runcing. Saya dapat dihubungi setiap waktu di nomor telepon yang tercantum dalam resume terlampir.

Hormat saya,


Rambo Hasibuan, SE, Akt



Contoh Surat Lamaran Kerja Desain Interior

Jakarta 1 Agustus 2012

Yth;
Kepala Desain Interior PT. Designindo
Jl. Terjal Berliku No.225
Jakarta

Dengan hormat,


Saya mendapat informasi dari Bpk. Anton, kepala departemen pemasaran di PT. Designindo, bahwa Anda membutuhkan desainer interior. Berdasarkan informasi tersebut, saya mengajukan diri untuk mengisi kebutuhan desainer interior tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan dalam resume terlampir, saya adalah lulusan jurusan Desain Interior di ISI Yogyakarta tahun 2007. Saat ini saya bekerja sebagai desain interior untuk sebuah event organizer di Jakarta.

Besar harapan saya agar Anda sudi memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan bahwa potensi dan kemampuan saya tersebut akan memberikan kontribusi yang bernilai untuk PT. Designindo. 
Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,


Naufal Dwi Putra



Contoh Surat Lamaran Kerja Programmer

Kapada Yth,
Bapak Kepala Bagian Personalia
PT. Nopalindo Pratama
Jl. Lebar Sekali 2A
Yogyakarta

Dengan hormat,

Saya sangat tertarik dengan iklan Bapak dalam terbitan harian Kedaulatan Rakyat terbitan hari Kamis, 29 Oktober 2012 mengenai adanya lowongan untuk jabatan Computer Programmer. Maka, bersama surat ini saya mengajukan diri untuk mengisi lowongan tersebut.

Saya berusia 24 tahun, dan telah menyelesaikan kuliah jurusan Programming pada Akademi Komputer (AKAKOM), Yogyakarta pada bulan November 2012, dengan IPK 3.52. Saya mempunyai pengalaman sebagai asisten dosen di Akakom Yogyakarta dan mengajar sebagai instruktur komputer.

Untuk keterangan tambahan, bersama ini saya lampirkan juga surat keterangan pengalaman kerja, surat tanda kelulusan sementara dari AKAKOM Yogyakarta, resume, dan foto terbaru saya.

Saya berkeyakinan bahwa surat ini beserta lampirannya belum cukup untuk dijadikan bahan pertimbangan. Oleh karena itu, saya berharap Bapak akan memberikan suatu kesempatan wawancara kepada saya, sehingga dapat diperoleh keterangan mengenai diri saya secara lebih terperinci dan lengkap.

Hormat saya,


Teguh Prakoso



Demikian contoh-contoh surat lamaran kerja terbaru sesuai bidang pekerjaan yang paling sering dicari secara lengkap, jika dalam contoh di atas belum ada bidang yang belum tercantum silahkan untuk meminta request contoh surat lamaran kerja sesuai yang anda inginkan dengan mengisi komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar: